Thursday, March 11, 2010

Dermaga Canti, Kapal Kayu ke Pulau Sebesi

Dermaga Canti berada di desa Canti, Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. Dermaga ini menjadi salah satu titik penghubung dari pulau Sumatera di Lampung Selatan menuju Pulau Sebesi.

Pulau Sebesi merupakan salah satu pulau yang terletak paling dekat ke kawasan cagar alam Krakatau. Karena letaknya dekat dengan kawasan Krakatau menjadikan Pulau Sebesi menjadi salah satu tempat persinggahan awal bagi pelancong maupun petualang sebelum mencapai Krakatau.

Selain dari Pulau Sebesi di Lampung Selatan, kawasan cagar alam Krakatau dapat juga dicapai dari kawasan pantai Carita di Propinsi Banten. Banyak perusahaan travel dari kawasan Carita yang menjual jasa untuk membawa pelancong ke kawasan Krakatau.

Menurut keterangan beberapa warga setempat, beberapa peneliti dari mancanegara seperti Jepang, Rusia, dan beberapa peneliti negara lainnya pernah singgah di Pulau Sebesi sebelum bertolak ke kawasan Krakatau.

Untuk mencapai Pulau Sebesi dari Dermaga Canti, pengunjung dapat menggunakan jasa kapal kayu. Alat transportasi kapal kayu ini mirip dengan kapal kayu yang melayani rute Muara angke – Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu) di Jakarta. Perbedaannya hanya pada ukuran kapal saja, kapal kayu Muara angke – Pulau Pramuka di Jakarta lebih besar dari yang ada di Pulau Sebesi.

Persamaan kedua kapal kayu ini hampir sama, diantaranya penumpang dapat duduk diatap kapal, selonjoran sekalian tiduran didalam kapal, asap buangan yang menyesakkan dada, dan pastinya suara mesin yang berisik.

Kapal kayu reguler yang melayani rute dari Dermaga Canti menuju Pulau Sebesi berangkat setiap hari pada pukul 13.00 Wib, sedangkan keberangkatan dari Pulau Sebesi menuju Dermaga Canti pada pukul 07.00 Wib. Waktu tempuh antara kedua tempat ini menggunakan kapal kayu sekitar 1,5 – 2 jam.

Ongkos kapal reguler Dermaga Canti – Pulau Sebesi (sebaliknya) sebesar Rp 15 ribu ditambah Rp 2 ribu biaya Jasa raharja atau total sebesar Rp 17 ribu (update pada saat perjalanan Krakatoa Trip dilakukan Jejak Backpacker pada bulan Februari 2010).

Bila suatu saat nanti, anda harus (terpaksa) menggunakan jasa transportasi seperti kapal kayu ini, maka tips yang penting diketahui adalah usahakan agar lebih cepat masuk kedalam kapal dibanding penumpang lainnya agar dapat memilih tempat selonjoran yang stategis.

3 komentar:

johan said...

boss thanks infonya ...mau ke krakatau nihh...minta tolong infonya habis di sebesi menju ke krakatau ongkos perahnya berapa.perorang.
salam kenal dari blogger wisata cirebon19822

johan said...

boss minta info dari sebesi menuju karkatau. termasuk ongkos nya perorang

Ruben Sukatendel si Jejak Backpacker said...

Mr. Johan, tidak ada perahu reguler dari Pulau Sebesi ke Krakatau. Anda harus mencarter kapal seharga 1,5 - 2 juta yang dapat membawa sekitar 15 - 20 orang, jadi anda dapat sharing biaya.

Repotnya, bagiamana bila anda seorang diri? tentu sangat berat membawar sendiri biaya kapal. jalan satu2nya anda minta tolong ke group atau rombongan untuk dapat ikut serta dalam kapal kayu yang mereka sewa, biasanya kalau kapasitasnya masih mencukupi dan kita dapat menjaga kepercayaan mereka, sepertinya tidak menjadi masalah.

atau, kalau tidak mau repot, ikut gabung dengan group2 yang mau berangkat ke krakatau, anda dapat mencari info2nya di internet, semoga membantu dan salam backpacker.

keterangan tentang biaya2 di krakatau dapat di baca disini,
http://jejakbackpacker.blogspot.com/2010/03/krakatoa-trip.html