Monday, March 8, 2010

Krakatoa Trip (3), Pulau Sebesi – Jakarta

Setelah berada beberapa hari di Pulau Sebesi menikmati perjalanan yang cukup menyenangkan dengan kesederhanaan yang bersahaja, akhirnya tiba saatnya untuk kembali pulang menjalani rutinitas sehari-hari.

Setelah sarapan pagi di pendopo Villa Pulau Sebesi Indah, sekitar pukul 07.00 Wib keberangkatan pulang kembali ke Jakarta segera dimulai. Dari pulau Sebesi naik kapal kayu carteran milik Pak Amir menuju Dermaga Canti.

Dalam perjalanan pulang menuju Dermaga Canti cuaca kurang bersahabat dan gelombang laut membuat kapal kayu tua carteran sedikit terombang-ambing. Ditengah laut ada kapal kecil yang melambai-lambaikan tangan minta agar kapal Pak Amir berhenti dan meminta tolong agar penumpangnya, sepasang suami-istri dengan seorang anak perempuan ikut kapal Pak Amir menuju Dermaga Canti.

Dari dermaga Canti, perjalanan dilanjutkan menggunakan angkot carteran ke Pelabuhan Bakauheni Lampung. Bekal untuk makan siang sudah dibeli berupa nasi bungkus dan rencananya akan dimakan diatas kapal ferry, tetapi karena jadwal keberangkatan kapal sekitar Pukul 12.00an Wib akhirnya diputuskan makan siang sambil duduk lesehan diisekitar pelabuhan Bakauheni.

Perjalanan menuju Jakarta dilanjutkan menggunakan kapal ferry kelas ekonomi menyeberang ke Pelabuhan Merak Banten. Dari terminal Merak menggunakan bus menuju Kampung Rambutan di Jakarta. Tiba kembali di Jakarta sore hari sekitar pukul 16.00 Wib.

Tips dan Riview Jejak Backpacker
Pelabuhan Bakauheni – Dermaga Canti.
Tidak ada angkot reguler dari Pelabuhan Bakauheni ke Dermaga Canti atau sebaliknya. Bila hendak menggunakan angkot reguler maka dari Pelabuhan Bakauheni naik angkot ke Kalianda, dari Kalianda naik angkot lagi ke Dermaga Canti, demikian juga sebaliknya. Ada angkot warna kuning yang dapat dicarter dari Pelabuhan Bakauheni menuju Dermaga Canti dengan ongkos carter sekitar Rp. 150 ribu (update pada saat perjalanan Krakatoa Trip dilakukan Jejak Backpacker pada bulan Februari 2010).
Alternatif transportasi dari Pelabuhan Bakauheni – Dermaga Canti. Bila bepergian sseorang diri, jasa ojek motor dapat dipertimbangkan sebagai alternatif transportasi. Menurut keterangan penduduk lokal, ongkos ojek motor sekitar Rp 25 – 30 ribu, tetapi si abang ojeknya akan memberi harga kepada anda sekitar Rp 50 – 100 ribu, jadi anda harus menawar. (update pada saat perjalanan Krakatoa Trip dilakukan Jejak Backpacker pada bulan Februari 2010).

Kapal kayu reguler Dermaga Canti – Pulau Sebesi. Ada kapal kayu reguler yang melayani rute Pulau Sebesi ke Dermaga Canti atau sebaliknya. Jadwal keberangkatan kapal reguler dari Pulau Sebesi ke Dermaga Canti pada pukul 07.00 Wib setiap harinya dan dari Dermaga Canti ke Pulau Sebesi pada pukul 13.00 Wib setiap harinya. Ongkos kapal reguler sebesar Rp 15 ribu ditambah Rp 2 ribu biaya Jasa raharja atau total sebesar Rp 17 ribu (update pada saat perjalanan Krakatoa Trip dilakukan Jejak Backpacker pada bulan Februari 2010).

Hati – hati di Dermaga Canti. Menurut keterangan penduduk lokal yang berjualan didepan Villa Pulau Sebesi Indah, hati-hati bila anda baru tiba di Dermaga Canti. Bila ada yang menanyakan tujuan anda, jangan pernah katakan ke Krakatau, tetapi Pulau Sebesi saja. Bila anda mengatakan tujuannya ke Krakatau, mereka kemungkinan akan mendesak anda untuk menggunakan jasa mereka mengantar ke Krakatau dengan ongkos yang pasti lebih mahal dibandingkan dengan kapal kayu yang dari Pulau Sebesi.

Pelabuhan Bakauheni. Pelabuhan Bakauheni melayani jasa penyeberangan manusia, sepeda motor, angkutan darat seperti bus penumpang antarkota dan antar provinsi, truk barang maupun mobil pribadi. Waktu tempuh dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak ataupun sebaliknya sekitar 2 – 3 Jam. Tiket penyeberangan kapal ferry Pelabuhan Bakauheni - Pelabuhan Merak atau sebaliknya sekitar Rp. 10 ribu untuk kapal ekonomi dan Rp 30 ribu untuk kapal cepat. Informasi pelayanan dan pengaduan Pelabuhan Bakauheni, kantor pusat 021-4288223 atau cabang Bakauheni 0727-331032.

(Catatan perjalanan update pada saat perjalanan Krakatoa Trip dilakukan Jejak Backpacker pada bulan Februari 2010).




1 komentar:

airin said...

halo. saya mau backpacking ke krakatau juga. boleh tau mau sewa kapal jungkung mungkin nih dr sebesi sampai bakauheni bisa sewa ke bapak siapa? kalo untuk jam agak siang jam 11. ada nomernya? terimakasih yaa