Wednesday, April 21, 2010

Kepulauan Seribu (1), Akomodasi, Transportasi, Rekreasi

Kepulauan Seribu terbentang di perairan teluk Jakarta sepanjang 100 mil dengan luas 108.000 Ha. Gugusan pulau besar dan kecil yang terdapat di Kepulauan Seribu berjumlah sekitar 110 pulau yang terbagi atas pulau wisata, konservasi, sejarah, dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan perbedaan karakteristik antara satu pulau dengan pulau lainnya.

Kepulauan Seribu merupakan sebuah kabupaten yang berada dibawah pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dengan dikepalai oleh seorang Bupati yang berkantor di Pulau Pramuka. Sebagai ibukota kabupaten, Pulau Pramuka memiliki infrastruktur yang lengkap seperti : gedung sekolah, sarana olahraga, sistem keamanan terpadu hingga puskemas dan rumah sakit dengan beberapa unit speed boat ambulance.

Pulau yang diperuntukkan bagi tujuan wisata sebanyak 45 pulau yang terbagi dalam wisata umum dan wisata khusus. Diantara pulau-pulau yang berada di Kepulauan Seribu, 6 diantaranya telah dijadikan sebagai pulau wisata yaitu : Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Pantara, Pulau Sepa. Pulau wisata pada Pulau Seribu memiliki sarana dan prasarana memadai dan lengkap.

Akomodasi
Pulau – pulau wisata di Kepulauan Seribu memiliki kualitas penginapan yang baik dengan arsitektur bangunan unik dan interior menarik. Beberapa penginapan memiliki kamar dengan standar suite dan executive room. Sarana pendukung lainnya pada pulau wisata di Kepulauan Seribu seperti meeting / convention room, bar, restoran, karaoke, diskotek, kolam renang, lapangan tennis, volley pantai dan toko souvenir.

Beberapa pulau wisata memiliki paket “inter island tours” yang memungkinkan wisatawan mengunjungi pulau-pulau disekitarnya dengan semua ragam pesona keindahannya.

Pada pulau-pulau yang tidak dijadikan resort, juga dilengkapi dengan home stay dan sarana penginapan diantara perumahan penduduk seperti yang terdapat di Pulau Pramuka dan Pulau Untung Jawa.

Transportasi
Dengan menggunakan kapal cepat (speedboat) dari pelabuhan Marina Ancol, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 20 menit ke pulau terdekat hingga 3 jam untuk mencapai pulau terjauh.

Beberapa pengelola pulau wisata memiliki alat transportasi sendiri, demikian pula dengan pemerintah kabupaten Kepulauan Seribu. Kapal-kapal tersebut beroperasi setiap hari bagi kebutuhan transportasi wisatawan maupun penduduk setempat menuju pulau wisata maupun pulau pemukiman. Berangkat dari Marina Ancol pukul 08.00 atau pukul 09.00 dan kembali dari pulau pukul 13.30 atau pukul 14.00 Waktu Indonesia Barat (WIB)

Selain kapal cepat, transportasi lain yang digunakan adalah kapal kayu (kapal rakyat) yang berkapasitas antara 50 – 60 orang. Kapal tradisional bermesin dan dilengkapi dengan life jacket bagi penumpangnya ini berangkat setiap hari dari dermaga Muara Angke ke Pulau Pramuka dan Pulau Panggang dengan waktu tempuh sekitar 2,5 – 3 jam.

Olah raga dan Rekreasi
Perairan di Kepulauan Seribu dan biota lautnya yang beragam menjadi tempat nyaman untuk olahraga bahari dan rekreasi. Aneka sarana olahraga dan rekreasi yang bernuansa bahari di Kepulauan Seribu seperi jet ski, canoe, fishing, wind surfing, snorkeling, dan scuba diving. Olahraga lainnya seperti jongging, tennis, volley pantai, billiard, dan golf terdapat di Kepulauan Seribu.

Wisatawan juga dapat berekreasi dengan menggunakan glass bottom boat di Pulau Putri untuk melihat kekayaan dasar laut yang beraneka ragam, atau bergembira bersama keluarga atau teman diatas banana boat.

Catatan backpacker Kepulauan Seribu (1), Akomodasi, Transportasi, Rekreasi berlanjut ke Kepulauan Seribu (2), Pulau Wisata (Resort Island)

0 komentar: