Wednesday, April 21, 2010

Kepulauan Seribu (4), Tips dan Riview Jejak Backpacker

Pulau Wisata (resort island). Wisatawan mancanegara umumnya berkunjung ke pulau wisata yang sudah memiliki sarana dan prasarana lengkap seperti Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Pantara, Pulau Sepa. Pengelola pulau wisata (resort island) yang ada di Kepulauan Seribu diantaranya ada yang menawarkan program kunjungan sehari. Wisatawan berangkat pagi hari dari Marina Ancol Jakarta menuju salah satu pulau wisata dan sore harinya kembali lagi ke Jakarta.

Pulau Pramuka. Wisatawan lokal umumnya berkunjung ke Pulau Pramuka selain pulau wisata (resort island) di Kepulauan Seribu. Alasan wisatawan lokal yang berkunjung ke Pulau Pramuka adalah harga yang harus dibayar lebih murah dibandingkan dengan berkunjung pulau wisata (resort island). Namun perlu dicatat bahwa fasilitas yang ada di Pulau Pramuka tidaklah selengkap yang ada di Pulau Wisata (resort island)

Transportasi menuju Pulau Pramuka. Bagi backpacker yang tidak tergantung dengan fasilitas lengkap dan tertarik berkunjung ke Pulau Pramuka maka yang patut anda ketahui adalah : untuk mengunjungi Pulau Pramuka menggunakan kapal kayu yang berangkat setiap hari pukul 6 – 7.30 pagi dari pelabuhan Muara Angke, Jakarta. Kepulangan dari Pulau Pramuka ke Muara Angke jadwal kapal setiap hari pukul 1 siang. Waktu tempuh dari Muara Angke ke Pulau Pramuka dan sebaliknya sekitar 2,5 – 3 jam. Tidak ada Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Pulau Pramuka dan di pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu, oleh karena itu bawalah uang tunai secukupnya.

Keterbatasan Listrik
. Pulau Pramuka memiliki keterbatasan diantaranya aliran listrik akan dimatikan beberapa jam pada siang hari dan disarankan untuk menghidupkan Air Conditioner (AC) mulai pukul 21.00 malam.

Villa Delima di Pulau Pramuka.
Terdapat beberapa home stay di Pulau Pramuka dan sebuah penginapan yang letaknya strategis ditepi laut seperti Villa Delima (021) 543 73149. Pada musim liburan biasanya penginapan di Pulau Pramuka sudah penuh dipesan oleh rombongan (grup) yang berkunjung.

Sharing Biaya
. Olahraga laut yang umumnya dilakukan pengunjung di Pulau Pramuka seperti berenang, snorkeling, dan diving. Agar biaya yang ditanggung lebih murah disarankan bepergian ke Pulau Pramuka berkelompok atau minimal 3 orang agar biaya penyewaan kapal kayu untuk kegiatan olah raga laut dapat di-sharing bersama.

Perkiraan Biaya
. Perkiraan harga-harga di Pulau Pramuka (update tahun 2009) : sewa penginapan Rp. 200 – 350 ribu per hari dan dapat ditempati 2 atau 3 orang, sewa kapal kayu setengah hari Rp. 150 – 200 ribu, sewa alat snorkeling Rp. 25 – 35 ribu, instruktur snorkeling Rp. 60 ribu, sewa alat diving dan instruktur untuk setengah hari Rp. 300 – 500 ribu, ongkos kapal kayu dari Muara Angke Jakarta ke Pulau Pramuka atau sebaliknya Rp. 30 ribu, kapal kayu regular antara Pulau Pramuka ke Pulau Panggang dan sebaliknya Rp. 3 ribu, harga makanan (nasi, ikan, sayur) sekitar Rp. 10 – 15 ribu. Selamat berlibur ke Kawasan Kepulauan Seribu di Jakarta, Indonesia..

10 komentar:

anno said...

pengen euy ke kep seribu ini.
oiya,,pulau apa yg kudu dikunjungi biar lgsg puas ke kep seribu ini mas

Ruben Sukatendel si Jejak Backpacker said...

Dear Anno,

terdapat lebih dari seratus pulau pada kawasan kepulauan seribu, anda dapat memilih pulau yang akan kunjungi berdasarkan kebutuhan dan keinginan anda.

bila anda tidak terlalu mementingkan fasilitas yang tersedia, anda dapat berkunjung ke Pulau Pramuka, tetapi bila anda membutuhkan fasilitas yang lengkap, berkunjunglah ke salah satu Pulau Wisata.

semoga membantu dan salam backpacker

Anonymous said...

tks u tips kepulauan seribu

Anak Dokan said...

Oi...enggo latih kel si akak ngerjain web ndu e gelah banci muncul www na, tapi la kak kuidah tambahinndu tulisen ndu e..Uga nge?

Ruben Sukatendel si Jejak Backpacker said...

Dear Anak Dokan, tks update bahasa "Jerman klasiknya" hehehe salam backpacker buat anda

Anak Dokan said...

La kel erluhu jawaban ndu e lah...mate kak ate ndu e?

Ruben Sukatendel si Jejak Backpacker said...

hi Anak Dokan, mulih saja kam ku Dokan hehehe

kbguy (福生) said...

hi, Salam dari Malaysia.
Saya juga gemar mengembara dan fotografi. Sila lawati laman saya d www.kbguy.com

Ruben Sukatendel si Jejak Backpacker said...

hai kbguy, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

Shally said...

Sudah pernah coba ke pulau untung jawa blm? Kalau di sana ada fasilitas water sport juga gak ya? Seperti snorkling dan diving..